Unsur-Unsur Laporan Keuangan | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Unsur-Unsur Laporan Keuangan

Unsur-Unsur Laporan Keuangan

Unsur-Unsur Laporan Keuangan - Seberapa pentingkah laporan keuangan itu? Laporan keuangan dikatakan penting karena laporan keuangan merupakan dasar untuk dapat menentukan atau menilai posisi keuangan perusahaan. Informasi mengenai posisi keuangan yang terbaca dalam laporan keuangan ini, berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengambil keputusan.



Memang pada umumnya laporan keuangan terdiri atas neraca, dari laporan laba atau rugi, serta laporan perubahan modal. Maka laporan laba atau rugi merupakan laporan yang menggambarkan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan serta beban yang terjadi selama periode tertentu. Lalu laporan perubahan modal merupakan laporan yang menunjukkan sumber dan penggunaan modal perusahaan. Kemudian neraca merupakan laporan keuangan yang menunjukkan atau menggambarkan jumlah aktiva, utang, dan modal dari suatu perusahaan pada tanggal tertentu. Tetapi, di dalam praktiknya selain ketiga laporan tersebut sering disusun juga laporan lain yang sifatnya membantu untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut.

- Laporan Laba rugi (income statement) 
- Lapora perubahan modal / akuitas
- Balance sheet / neraca

Laporan arus kas dapat digunakan oleh para pemakai untuk mengevaluasi perubahan dalam aktiva bersih perusahaan, atau struktur keuangan (termasuk likuiditas dan solvabilitas) dan kemampuan untuk memengaruhi jumlah serta waktu arus kas dalam rangka adaptasi dengan perubahan keadaan dan peluang. 

Demikian penjelasan Unsur-Unsur Laporan Keuangan, simak juga berbagai artikel di blog Sistem Informasi Akuntansi. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment