Pengertian Jurnal Akuntansi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , , » Pengertian Jurnal Akuntansi

Pengertian Jurnal Akuntansi



Pengertian Jurnal Akuntansi - Pada kesempatan kali ini blog Sistem Informasi Akuntansi akan membahas mengenai Pengertian Jurnal Akuntansi. Jadi jurnal akuntansi merupakan sebuah catatan yang tersusun secara sistematis dan berdasarkan kronologis dari transaksi-transaksi finansial yang jumlah dan keteranganya ringkas diantaranya keterangan transaksi, keterangan debet dan kredit, lengkap dengan waktu kejadian. Kemudian dalam akuntansi, maka jurnal juga disebut sebagai “book of original entry”.
Lalu apa saja Peran Penting Jurnal Akuntansi? peran penting Jurnal Akuntansi akan dibahas di bawah ini :

1. Jurnal dalam pencatatanya harus lengkap dan terperinci sesuai dengan kejadian transaksi.
2. Jurnal adalah pencatatan pertama sebagai catatan keuangan perusahan.
3. Jurnal pada umumnya lengkap dengan tanggal dan informasi, serta penjelasan lain karena akan digunakan untuk mengusut kembali ke dokumen sumbernya atau formulir.
4. Jurnal adalah catatan akuntansi yang mengharuskan mencatat transaksi-transaksi.

Selain kedua hal di atas, Prinsip Dasar Perencanaan Jurnal juga harus dipahami :

1. Jurnal akan digunakan untuk memisahkan transaksi kedalam golongan pokok tertentu. Seperti penerimaan dan pengeluaran kas, serta penjulan dan pembelian.
2. Untuk mengurangi pekerjaan pembukuan yang terperinci harus digunakan kolom-kolom khusus pencatatan jurnal memungkinkan memposting jumlah per kolom ke dalam rekening yang bersangkutan di dalam buku besar.
3. Nama kolom dalam jurnal harus sesuai dengan nama rekening yang bersangkutan dalam buku besar yang akan menerima jumlah yang akan di bukukan dari jurnal.
4. Sedapat mungkin jurnal harus dirancang sedemikian rupa sehingga menyalin informasi dari dokument sumbernya dibuat dan ditetapkan hubungan dokument sumber tertentu dengan jurnal sehingga pertanggung jawaban kebenaran informasi dapat ditentukan.

Demikian adalah Pengertian Jurnal Akuntansi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment