Definisi Perilaku Konsumen dan Penjelasan Lengkapnya | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Definisi Perilaku Konsumen dan Penjelasan Lengkapnya

Definisi Perilaku Konsumen dan Penjelasan Lengkapnya

Definisi Perilaku Konsumen dan Penjelasan Lengkapnya - Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau organisasi dalam mencari, untuk membeli, untuk menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian. Maka pada tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Tahap pembelian, maka konsumen akan melakukan pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), melakukan evaluasi kinerja produk, lalu akhirnya membuang produk setelah digunakan.Atau kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut.



Konsumen dapat merupakan seorang individu ataupun organisasi, jadi mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi, maka mereka mungkin berperan sebagai initiator, influencer, buyer, payer atau user.

Dalam upaya untuk lebih memahami konsumennya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, maka perusahaan dapat menggolongkan konsumennya ke dalam kelompok yang memiliki kemiripan tertentu, yakni pengelompokan menurut geografi, demografi, psikografi, dan perilaku.

Perilaku konsumen mempelajari di mana, di dalam kondisi macam apa, dan bagaimana kebiasaan seseorang membeli produk tertentu dengan merk tertentu. Maka kesemuanya ini sangat membantu manajer pemasaran di dalam menyusun kebijaksanaan pemasaran perusahaan. Maka proses pengambilan keputusan pembelian suatu barang atau jasa akan melibatkan berbagai pihak, harus sesuai dengan peran masing-masing.

Demikian adalah Definisi Perilaku Konsumen dan Penjelasan Lengkapnya, simak juga berbagai artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment