KOMUNIKASI SEBAGAI ALAT PEMASARAN
Komunikasi adalah suatu
alat yang dapat digunakan pemasar sebagai pembujuk para konsumen supaya
bertindak sesuai cara yang diinginkan pemasar. Komunikasi memiliki beberapa
aspek, diantaranya : visual (mimik muka, demontrasi produk, ilustrasi, dan
gambar), verbal (berbentuk tulisan atau lisan), dan kombinasi diantara
keduanya. Dan komunikasi juga bisa berbentuk simbol (pengemasan yang memiliki
mutu tinggi, harga yang tinggi, logo yang dapat membuat berkesan) dan dapat
menyampaikan suatu arti yang ingin ditanamkan oleh pemasar.
Komponen
Komunikasi
Komunikasi memiliki
lima unsur yaitu sebagai pengirim, sebagai penerima, medium, pesan, dan umpan
balik (tanggapan penerima pesan)
Sebagai Pengirim
Pengirim merupakan
sebagai pendahuluan komunikasi, dapat berupa sumber formal atau informal. Sumber
komunikasi formal dapat berupa organisasi untuk mendapatkan frofit maupun
nonprofit. Sumber informal seperti orang tua atau teman yang akan memberikan
informasi atau saran mengenai suatu produk.
Sebagai Penerima
Sebagai Penerima
komunikasi pemasaran formal akan lebih menjadi calon atau pelanggan yang diincar.
Audience perantara dan yang tidak menjadi perantara juga mungkin menerima
komunikasi dari pemasar. Contohnya : audience perantara seperti grosir,
pedagang ritel dan distributor, yang menerima informasi perdagangan pemasar untuk
membujuk mereka supaya mau untuk mengadakan persediaan barang dagangan. Audience
yang tidak menjadi perantara yaitu orang yang terbuka terhadap pesan yang tidak
masuk dalam targetan khusus oleh pengirim
Medium
Medium atau saluran komunikasi mungkin impersonal (misalnya, media massa)
atau interpersonal (pembicaraan resmi antara tenaga penjual dan pelanggan atau
pembicaraan informal antara dua orang atau lebih yang terjadi secara langsung
baik melalui telepon, surat maupun online).
Pesan
Pesan dapat bersifat verbal (lisan atau tertulis), nonverbal (foto,
ilustrasi, atau symbol), atau kombinasi keduanya. Pesan verbal biasanya dapat
mencakup informasi produk atau jasa yang lebih spesifik daripada pesan
nonverbal. Pesan verbal yang digabungkan dengan pesan nonverbal sering
memberikan lebih banyak informasi kepada penerima daripada salah satu diantara
keduanya.
Umpan Balik
Umpan balik merupakan komponen yang sangat diperlukan dalam komunikasi
interpersonal dan impersonal. Umpan balik yang cepat waktunya memungkinkan
pengirim untuk memperkuat, mengubah, atau memodifikasi pesan untuk menjamin
agar dapat dimengerti sesuai dengan yang dimaksudkan.
Komentar
Posting Komentar