Premium versus Discount | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Premium versus Discount

Premium versus Discount

Premium versus Discount - Diskon disebut juga rabat. Kebanyakan pedagang kresit sering menyebutnya dengan korting. Sementara dalam kamus besar bahasa Indonesia, maka diskon berarti potongan harga. Namun menurut sudut pandang keuangan diskon merupakan potongan bunga bagi nasabah yang meminjam uang di bank. Besarnya diskon biasanya dinyatakan dalam bentuk persentase, tak jarang diskon dinyatakan dalam bentuk rupiah. Diskon diberikan pada umumnya 20%, 30%, 50%, dan 70%. Nah, mengenai persentase diskon terdapat pengertian sebagai berikut :




    Persen (%) per 100

    P% = P/100, contoh 5% = 5/100
    Persentase dari modal (M) = P/100 X M

Contoh 5% dari 100.000 + 5/100X100.000

= 5.000

Premi (premium) terjadi apabila harga jual obligasi pada saat penerbitan lebih tinggi daripada nilai nominal. Selisih antara harga jual dengan harga nominal dinamakan premi atau premium.

Premi/agio terjadi bila tingkat bunga ditetapkan > tingkat bunga pasar.

Contoh : obligasi dijual dengan 104%
Diskon (discount) terjadi apabila harga jual obligasi pada saat penerbitan lebih rendah daripada nilai nominal. Kelebihan nilai nominal atas harga jual dinamakan diskon. Diskon atau disagio terjadi bila tingkat bunga ditetapkan 

Demikian adalah Premium versus Discount, simak juga berbagai artikel di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

1 komentar:

  1. saya suka belanja barang-barang yang di diskon Mbak, hehe :)

    ReplyDelete