Pengertian Transfer | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Pengertian Transfer

Pengertian Transfer

Pengertian Transfer - Belanja online menjadi salah satu kegiatan yang sangat digandrungi oleh masyarakat. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan transfer seperti layaknya kebanyakan online shop. Nah, berikut ini adalah Pengertian Transfer.

Transfer merupakan jasa pengiriman uang lewat bank baik dalam kota, atau luar kota, atau ke luar negeri. Khusus untuk pengiriman uang ke luar negeri dari harus melalui bank devisa. Maka pengiriman uang dapat dilakukan pada bank yang sama atau bank yang berlainan. Lama pengiriman tergantung sarana yang digunakan untuk mengirim. Kemudian sarana yang digunakan dalam jasa transfer ini tergantung kemauan nasabah. Lantas sarana-sarana yang biasa digunakan adalah surat, telex, telepon, faksimile, on line komputer, dan sarana lainnya. Saat ini transfer dapat dilakukan dalam hitungan menit dengan on line komputer. 



Kemudian jasa transfer on line komputer ini dikenal dengan BI-RTGS (Real Time Gross Settlement) dan SKKNI. Sarana yang digunakan ini juga akan mempengaruhi kecepatan pengiriman. Lalu kepada nasabah pengirim akan dikenakan biaya kirim yang besarnya tergantung dari bank yang bersangkutan. Hal ini pertimbangannya adalah nasabah yang bersangkutan memiliki rekening di bank tersebut atau tidak. Kemudian selain itu besarnya biaya kirim juga dipengaruhi oleh sarana yang digunakan. Biaya kirim lewat telepon akan lebih mahal daripada lewat telex, maka begitupun apabila kita menggunakan on line komputer biaya dengan fasilitas BI-RTGS lebih mahal daripada SKKNI.

Demikian adalah Pengertian Transfer, simak juga berbagai artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

1 komentar: