Pengertian Akuntansi Sektor Publik | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Pengertian Akuntansi Sektor Publik

Pengertian Akuntansi Sektor Publik

Pengertian Akuntansi Sektor Publik - Dalam akuntansi banyak sekali yang wajib dipelajari dengan baik. Akuntansi Sektor Publik adalah salah satunya. Akuntansi sektor publik jelas berbeda dengan akuntansi sektor swasta. Contoh hal mencoloknya adalah pada bagian instansi yang menggunakannya. Maka sektor publik biasanya terkait dengan organisasi pemerintahan daeraeh.

Akuntansi Sektor Publik adalah sebuah proses untuk mengumpulkan, dan mencatatat, untuk  mengklasifikasikan, serta menganalisis serta membuat laporan transaksi keuangan untuk sebuah organisasi publik yang menyediakan informasi keuangan bagi pihiak yang membutuhkannya untuk digunakan saat pengambilan sebuah keputusan.



Tujuan Akuntansi Sektor Publik

    Management Control, memiliki fungsi untuk memberikan informasi yang dibutuhkan untnuk mengelola suatu organisasi dengan cepat, yang tepat, yang efisien serta ekonomis atas operasi dan penggunaan sumber daya yang dipercayakan atau dianggarkan untuk sebuah organisi.

    Accountability, yang satu ini memiliki tujuan hampir sama dengan management control yaitu memberikan informasi yang berguna untuk manager sektor publik yang digunakan untuk melaporkan pelaksanaan tanggungjawab sumber daya atau bidang atau divisi yang berada di bawah wewenangnya. Jadi selain itu juga untuk melaporkan kegiatan kepada publik atas operasi pemerintah serta penggunaan dana atau anggaran publik.

Demikian adalah Pengertian Akuntansi Sektor Publik, simak juga berbagai macam artikel tentang Sistem Informasi Akuntansi di blog ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment