Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Pembahasan MANAJEMEN KEUANGAN Lengkap!

Pembahasan MANAJEMEN KEUANGAN Lengkap! - Manajemen Keuangan merupakan salah satu bagian utama dari ilmu manajemen. Maka Pengertian Manajemen Keuangan adalah semua aktivitas entitas bisnis (organisasi) dalam kerangka penggunaan serta pengalokasian dana entitas bisnis (perusahaan) dengan efisien. Nah, pengertian ini mengalami berbagai perkembangan berawal dari pengertian yang hanya sekedar mengutamakan kegiatan mendapatkan / memperoleh dana saja hingga mencakup kegiatan mendapatkan, atau penggunaan dana hingga pengelolaan atas aset (aktiva).



 Pengertian Manajemen Keuangan menurut para ahli, salah satunya adalah Bambang Riyanto, ia mendefinisikan :

    Semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan upaya memperoleh dana yang dibutuhkan dengan biaya yang seminimal mungkin dan syarat yang menguntungkan serta upaya untuk mempergunakan dana yang diperoleh tersebut secara efisien dan efektif.

Seperti yang disebut diawal tadi, dengan melihat beberapa pengertian diatas, maka pengertian manajemen keuangan secara sederhana adalah suatu proses dalam aktivitas keuangan perusahaan, harus dimulai dari cara memperoleh dana dan mempergunakannya. penggunaannya harus tepat sasaran, efisien, dan efektif supaya tujuan keuangan perusahaan yang sudah ditetapkan dalam perencanaan bisa terwujud.

Demikian adalah Pembahasan Manajemen Keuangan Lengkap, simak juga artikel lainnya di blog SIstem Informasi Akuntansi ini.

Komentar