Jenis Bukti Transaksi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Jenis Bukti Transaksi

Jenis Bukti Transaksi

Jenis Bukti Transaksi - Setap waktu anda berbelanja ke supermarket atau grand mall, maka anda pasti akan memperoleh bukti penerimaan barang yang sekaligus berfungsi sebagai bukti pembayaran. Nah, bukti ini biasa kita namakan struk belanja. Kemudian bagi pihak akuntan perusahaan, maka bukti transaksi ini bermanfaat untuk menyusun laporan keuangan.

Jenis bukti transaksi dapat dibedakan sebagai berikut.



1. Bukti intern
Merupakan bukti pencatatan untuk transaksi yang terjadi di dalam perusahaan itu sendiri. Contohnya adalah memo yang dibuat oleh manajer bagian pembukuan.
2. Bukti ekstern

Merupakan bukti pencatatan untuk transaksi yang terjadi antara perusahaan dan pihak lain di luar perusahaan. Contohnya saja, bukti pengeluaran kas, atau bukti penerimaan kas, bisa juga berupa bukti penjualan, atau bukti pembelian.

Contoh bukti transaksi ekstern adalah kuitansi, faktur, nota debit, nota kredit, nota kontan, dan bukti memorial.

Staf bagian akuntansi dalam suatu perusahaan harus mencatat setiap transaksi yang terjadi di perusahaan berdasarkan bukti-bukti transaksi yang diterimanya. Kemudian setelah dicatat, maka bukti-bukti transaksi tersebut harus disimpan secara rapi dan tidak boleh dimusnahkan selama periode waktu tertentu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Kemudian bukti-bukti transaksi akan dipergunakan sebagai bahan terakhir dalam proses pemeriksaan (auditing) terhadap laporan keuangan. Demikian adalah Jenis Bukti Transaksi, simak juga berbagai macam artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment