FUNGSI KEUANGAN | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » FUNGSI KEUANGAN

FUNGSI KEUANGAN

FUNGSI KEUANGAN - Walaupun perincian antar-organisasi bervariasi, jadi fungsi keuangan yang utama adalah dalam hal keputusan investasi, perhitungan biaya, dan dividen untuk suatu organisasi. Jadi dana dikumpulkan dari sumber-sumber keuangan eksternal dan dialokasikan untuk penggunaan yang berbeda-beda. Kemudian arus dana di dalam perusahaan dipantau. Jadi imbalan untuk sumber-sumber perhitungan ini dapat berupa tingkat pengembalian (return), atau pembayaran kembali, dan juga produk dan jasa. Maka fungsi-fungsi yang sama ini harus dilaksanakan baik di perusahaan bisnis, lalu badan pemerintahan, maupun oranisasi-organisasi nirlaba. Jadi tujuan manajer keuangan adalah membuat rencana guna memperoleh dan menggunakan dana, juga memaksimalkan nilai organisasi. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang terlibat, yakni :



    Dalam perencanaan dan peramalan, maka manajer keuangan berinteraksi dengan para eksekutif yang bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan perencanaan strategis umum.

    Manajer keuangan harus memusatkan perhatiannya pada keputusan investasi dan perhitungan biaya, juga segala hal yang berkaitan dengannya. Maka perusahaan yang berhasil biasanya mengalami laju pertumbuhan penjualan yang tinggi sehingga memerlukan dukungan penambahan investasi. Semua manajer keuangan perlu menentukan laju pertumbuhan penjualan yang sebaiknya dicapai dan membuat prioritas atas alternatif investasi yang tersedia.

    Manajer keuangan harus bekerja sama dengan para manajer lainnya agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin karena semua keputusan bisnis memiliki dampak keuangan.

    Manajer keuangan menghubungkan perusahaan dengan pasar uang dan pasar modal yang merupakan sumber perolehan dana dan tempat surat berharga perusahaan diperdagangkan.

Kesimpulannya adalah, tugas pokok manajer keuangan berkaitan dengan keputusan investasi dan perhitungan biaya. Jadi dalam menjalankan fungsinya, maka manajer keuangan berkaitan langsung dengan keputusan pokok perusahaan yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan itu sendiri.

Demikian adalah FUNGSI KEUANGAN, simak juga berbagai artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini.

0 komentar:

Post a Comment