Persamaan Dasar Akuntansi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , , » Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi - Tak salah jika sebagian orang menganggap akuntansi itu sulit atau rumit. Memang sebenarnya ada cara yang mudah untuk memperlajari akuntansi. Maka sebelumnya kita pahami dulu persamaan dasar dari akuntansi. Jadi persamaan dasar ini akan mempermudah kita dalam mengerjakan praktik-praktik akuntansi selanjutnya.

Memang pada pencatatan akuntansi yang menggunakan double entry system, adanya keseimbangan antara sisi yang satu dengan sisi yang lainnya sangatlah penting. Maka adanya ketidakseimbangan menunjukkan adanya kesalahan dalam pencatatan. Jadi oleh karena itulah kita harus mempelajari persamaan dasar akuntansi terlebih dahulu.



Bentuk-bentuk persamaan dasar akuntansi dapat dijabarkan sebagai berikut:
* Harta = Utang + Modal
* Utang = Harta - Modal
* Modal = Harta - Utang

Untuk yang lebih kompleksnya, maka persamaan dasar akuntansi juga dapat dirumuskan sebagai berikut:

* Harta + Beban = Utang + Modal + Pendapatan 

Ada cara mudah mengingat mekanisme debet dan kredit ini, hanya dengan mengingat dua kelompok saja kita bisa ingat semuanya. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menggunakan lima jari kita dengan ketentuan berikut:

# Jari Jempol = Harta
# Jari Telunjuk = Utang
# Jari Tengah = Modal
# Jari Manis = Pendapatan
# Jari Kelingking = Beban
Sudah ingat semua letaknya?

Sekarang kita pertemukan jari jempol dan jari kelingking. Maka dua jari yang bertemu ini punya saldo normal di debet, tentu otomatis tiga jari lainnya punya saldo normal di kredit. Jadi setiap kelompok yang memiliki saldo normal di debet, maka setiap penambahan akan mempengaruhi debet pula dan setiap pengurangan akan mempengaruhi kredit. Maka begitu pula sebaliknya, jadi setiap kelompok yang memiliki saldo normal di kredit, penambahan akan mempengaruhi kredit pula, sementara pengurangan akan mempengaruhi debet. Lalu bagaimana? Sangat simple untuk mengingatnya bukan? Cukup pertemukan jari jempol dan jari kelingking yang melambangkan debet.

Demikian adalah penjelasan Persamaan Dasar Akuntansi, simak berbagai macam artikel mengenai Sistem Informasi Akuntansi di blog ini. Terima kasih. 

0 komentar:

Post a Comment