Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 2 | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 2

Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 2

Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 2 - Akuntansi bukan sebuah ilmu pengetahuan yang paling sulit untuk dipahami. Karena setiap orang yang memiliki kemauan belajar yang kuat bisa mempelajari akuntansi dengan mudah. Maka kali ini kita pelajari bersama mengenai  Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi. (Baca juga Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 1) : 



 Teori Entitas

Teori entitas memandang entitas sebagai sesuatu yang terpisah dan berbeda dari pihak yang menyediakan modal pada entitas. Jadi secara sederhana, sebuah unit bisnis, dan bukan pemilik, merupakan pusat kepentingan akuntansi. Lantas unit bisnis memiliki sumber daya perusahaan dan bertanggung jawab terhadap pemilik maupun kreditor.

Persamaan :
Aset = Ekuitas
Aset = Utang + Ekuitas Pemegang saham

 Teori Dana

Dalam teori dana, dalam dasar akuntansi bukan teori proprietary maupun teori entitas, akan tetapi kelompok aset dan kewajiban dan restriksi terkait, yang disebut dana, mengatur penggunaan aset. Jadi, teori dana memandang unit bisnis terdiri atas sumber daya ekonomi (dana) serta kewajiban dan restriksi terkait mengenai penggunaan sumber daya.

Persamaan:
Aset = Restriksi Aset

 Enterprise theory

Pusat perhatiannya adalah keseluruhan pihak atau konsisten yang terlibat atau yang memiliki kepentingan baik langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan. Dengan munculnya employee reporting, human resources accounting, dengan value added reporting, enviromental accounting. Nah, Socio-economic accounting merupakan fenomena yang sejalan dengan teori enterprise ini.

Commander theory

Pusat perhatiannya adalah mereka yang memiliki kekuasaan atau wewenang untuk melakukan kontrol ekonomi.


Demikian adalah penjelasan singkatnya, simak juga berbagai macam akuntansi Sistem Informasi Akuntansi di blog ini.

0 komentar:

Post a Comment