Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 1 | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 1

Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 1

Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 1- Akuntansi bukan sebuah ilmu pengetahuan yang paling sulit untuk dipahami. Karena setiap orang yang memiliki kemauan belajar yang kuat bisa mempelajari akuntansi dengan mudah. Maka kali ini kita pelajari bersama mengenai  Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi : 



Teori Proprietary / Kepemilikan

Jadi menurut teori ini, maka entitas sebagai "agen, perwakilan atau susunan melalui wirausahawan individual atau pengoperasi pemegang saham". Jadi sudut pandang kelompok pemilik sebagai pusat kepentingan terefleksi dalam cara memelihara catatan akuntansi dan membuat laporan keuangan. Sementara itu tujuan utama teori proprietary adalah untuk menentukan dan menganalisis kekayaan bersih pemilik, dan dengan persamaaan akuntansi:

Aset – Utang = Ekuitas Pemilik.

Dengan kata lain, si pemilik memiliki aset dan utang. Apabila utang dianggap aset negatif, tentu saja teori proprietary dikatakan berpusat pada aset dan, serta secara konsekuen, dan berorientasi neraca. Maka aset dinilai dan neraca disusun untuk mengukur perubahan dalam kepentingan atau kesejahteraan pemilik. Sementara Revenue dan expenses dianggap meningkat atau menurun secara berturut turut dalam kepemilikan yang bukan berasal dari investasi pemilik atau penarikan modal oleh pemilik. Maka, income bersih atas utang dan pajak penghasilan perusahaan adalah expenses; deviden adalah penarikan modal.

Demikian adalah  Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 1, simak juga  Konsep – Konsep Teoritis Akuntansi Bagian 2 di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment