Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Manfaat Akuntansi bagi Perusahaan

Manfaat Akuntansi bagi Perusahaan - Pada kesempatan kali ini, blog Sistem Informasi Akuntansi akan membahas mengenai Manfaat Akuntansi bagi Perusahaan, selain untuk perusahaan, akuntansi bermanfaat bagi pendidikan juga, yakni Akuntansi sangat bermanfaat dalam bidang pendidikan, untuk mengembangkan pengetahuan tentang ilmu akuntansi dikalangan pelajar agar pelajar dapat menerapkan dan mengembangkan akuntansi dikehidupan sehari-hari.

Manfaat Akuntansi bagi Perusahaan


 Maka berikut ini adalah Manfaat Akuntansi bagi Perusahaan :

a. Manajemen merupakan pihak intern yang berkaitan langsung dan sangat memerlukan infomasi keuangan untuk melakukan pengendalian (controll), pengkoordinasian (coordination), dan perencanaan (planning).

b. Pihak ekstern yang mempunyai kaitan langsung dengan perusahaan, antara lain investor (pemilik), kreditor, pelanggan, karyawan, dan masyarakat. Pihak ekstern akan berkepentingan dengan informasi keuangan perusahaan dengan manfaat yang berbeda-beda.

c. Pemilik berkepentingan untuk menentukan sikap tetap memegang saham atau melepasnya.

d. Kreditor berkepentingan untuk memutuskan kredit kepada perusahaan dapat diperpanjang atau diperbesar.

e. Pelanggan (customer) berkepentingan untuk mengevaluasi hubungan usaha dengan perusahaan.

f. Karyawan berkepentingan untuk mengetahui hak-hak yang dapat diperoleh dari perusahaan.

g. Masyarakat umum berkepentingan untuk aspek umum dan sosial perusahaan.

h. Perusahaan dan berbagai lembaga yang berada dibawah kekuasaannya memerlukan informasi mengenai alokasi sumber daya. Alokasi sumber daya tersebut akan digunakan untuk menetapkan kebijakan pajak, atau untuk menentukan aktivitas perusahaan, juga sebagai dasar penyusunan statistik pendapatan nasional.

Demikian adalah Manfaat Akuntansi bagi Perusahaan, simak juga berbagai artikel lainnya di blog ini. Terima kasih.

Komentar