Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Apa Itu Balanced Scorecard

Apa Itu Balanced Scorecard - Yang dimaksudkan dengan Balanced Scorecard adalah pendekatan terhadap strategi manajemen yang dikembangkan oleh Drs.Robert Kaplan (Harvard Business School) and David Norton pada awal tahun 1990. BSC berasal dari dua kata yaitu balanced (berimbang) dan scorecard (kartu skor).



Balanced (berimbang) berarti adanya keseimbangan antara performance keuangan dan non-keuangan, juga performance jangka pendek dan performance jangka panjang, juga antara performance yang bersifat internal dan performance yang bersifat eksternal. Akan tetapi scorecard (kartu skor) yaitu kartu yang digunakan untuk mencatat skor performance seseorang. Maka kartu skor juga dapat digunakan untuk merencanakan skor yang hendak diwujudkan oleh seseorang di masa depan.

Balanced Scorecard merupakan suatu kumpulan ukuran kinerja yang teraintegrasi yang digunakan untuk mengukur keberhasilan strategi perusahaan. Ada empat kelompok perspektif yang digunakan untuk mengukur kinerja dengan balanced scorecard, yaitu :

* Perspektif Keuangan
* Perspektif Konsumen
* Perspektif Bisnis Internal
* Perspektif Learning dan Growth

Demikian adalah penjelasannya, semoga bemanfaat.

Komentar