Pendapatan Diterima Dimuka / Prepaid Income | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Pendapatan Diterima Dimuka / Prepaid Income

Pendapatan Diterima Dimuka / Prepaid Income

Pendapatan Diterima Dimuka / Prepaid Income  -  Pengertian Pendapatan Diterima di Muka

Pendapatan Diterima Dimuka atau Prepaid Income adalah pendapatan dari suatu barang ataupun jasa yang masih belum diterima. Jadi kapankah sebuah pendapatan harus diakui sebagai pendapatan di terima dimuka? kapankah pendapatan diakui sebagai pendapatan jasa atau penjualan aja? Apabila terjadi ketidaksesuaian pengakuan suatu pendapatan, apa yang seharusnya dilakukan? Pasti pertanyaan tersebut dan berbagai pertanyaan lainnya seputar Sistem Informasi Akuntansi mengganggu pikiran anda. Maka karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pendapatan Diterima Dimuka / Prepaid Income.



 Pengakuan Penjualan atau Pendapatan Jasa.

Suatu pendapatan jasa ataupun penjualan diakui ketika barang ataupun jasa telah diserahkan, paling lambat ketika kas sudah diterima. Apabila barang atau jasa telah diserahkan ke kostumer, akan tetapi pembayaran atau kas masih belum diterima, maka penjualan dicatat dengan cara mendebit akun piutang. namun apabila kas telah diterima, penjualan atau pendapatan jasa tentunya dicatat dengan cara mendebet akun kas. 

Tapi, kenapa jika barang atau jasa masih belum diserahkan, penjualan atau pendapatan jasa tidak diakui dulu?

Satu hal yang patut diingat, karena di dalam dunia akuntansi, sebuah prinsip kesesuaian masih berlaku, bisa disandingkan (the matching principle), yang berarti tiap pengorbanan ekonomi (beban/biaya/pengeluaran) yang diakui harus disandingkan dengan gain atau manfaat yang ditimbulkannya pada periode waktu yang sama. Simpelnya, dari tiap beban yang muncul hendaknya bisa disandingkan dengan penjualan atau pendaptan yang diperoleh, begitu pula sebaliknya untuk tiap pendapatan mestinya bisa disandingkan dengan beban (expenses) yang muncul. Demikian adalah penjelasan singkat mengenai Pendapatan Diterima Dimuka / Prepaid Income, semoga membantu.

0 komentar:

Post a Comment