ANALISIS DEMOGRAFI DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » ANALISIS DEMOGRAFI DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

ANALISIS DEMOGRAFI DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

ANALISIS DEMOGRAFI DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI - Membahas tentang Analisis Demografi, melihat pada suatu pemasaran produk, maka analisis demografi harus dilakukan. Hal tersebut berguna untuk mengetahui trend demografis produk yang dipasarkan. Jadi data dalam demografi pemasaran dapat terdiri dari usia, ras, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, mobilitas, kepemilikan rumah, lokasi, status, pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Kemudian apabila demografi konsumen telah di lakukan, lantas hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan analisis demografi agar demografi yang telah dilakukan dapat kita ketahui hasilnya setelah kita melakukan analisis atas demografi sesuai dengan Sistem Informasi Akuntansi yang telah kita buat sebelumnya.

ANALISIS DEMOGRAFI DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
ANALISIS DEMOGRAFI DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI


Ilmu demografi terbagi menjadi dua, yaitu :

Menurut Adolphe Landry (1945) ia menyarankan dibedakan antara istilah demografi murni dan studi kependudukan.

a. Demografi murni (pure demography).
Demografi formal yang menghasilkan teknik-teknik untuk menghitung indikator indikator kependudukan. Studi atau analisis kependudukan yang lebih luas.

b. Studi mengenai hubungan antara faktor-faktor perubahan penduduk dan faktor-faktor pembangunan. Studi yang berusaha memberi penjelasan tentang sebab akibat perubahan variabel demografi.

Manfaat analisis demografi

Manfaat analisis demografi, yaitu :

1. Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu.
2. Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masa lampau, kecenderungannya, dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.
3. Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial, ekonomi, budaya, lingkungan dan lain-lain.
4. Pemperkirakan pertumbuhan penduduk (proyeksi penduduk) pada masa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.

Sumber data demografi

Sumber data demografi yang pokok adalah Registrasi Penduduk, Sensus Penduduk, dan Penelitian (Survai). Ada juga sumber yang lainnya, misal: catatan-catatan dan dokumen-dokumen dari instansi pemerintah.

Demikian adalah ANALISIS DEMOGRAFI DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment