SYARAT – SYARAT LAPORAN KEUANGAN | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , , » SYARAT – SYARAT LAPORAN KEUANGAN

SYARAT – SYARAT LAPORAN KEUANGAN

SYARAT – SYARAT LAPORAN KEUANGAN - Akuntansi juga berfungsi sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan terhadap aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan, contohnya saja untuk mengetahui maju mundurnya suatu perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan tersebut. Kemudian selain itu akuntansi juga berfungsi sebagai dasar dalam perhitungan pajak suatu perusahaan dan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi para investor yang ingin menginvestasikan asset mereka. Maka dengan kata lain akuntansi merupakan cerminan dari suatu perusahaan.



Syarat laporan keuangan. Laporan yang baik harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

        Relevan artinya bahwa informasi yang dijadikan harus ada hubungan dengan pihak-pihak yang memerlukan untuk mengambil keputusan.

        Dapat dimengerti artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan secara jelas dan mudah difahami oleh para pemakainya.

        Daya uji artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan konsep-konsep dasar akuntansidan prinsip-prinsip akuntansi yang dianut, sehingga dapat diuji kebenarannya oleh pihak lain.

        Netral artinya bahwa laporan keuangan yang disajikan bersifat umum, objektif dan tidak memihak pada kepentingan pemakai tertentu.

        Tepat waktu artinya bahwa laporan keuangan harus di sajikan tepat pada waktunya

         Daya banding artinya bahwa perbandingan laporan keuangan dapat diadakan baik antara laporan perusahaan dalam tahun tertentu dengan tahun sebelumnya atau laporan keuangan perusahaan tertentu dengan perusahaan lain pada tahun yang sama.

        Lengkap artinya bahwa laporan keuangan yang disusun harus memenuhi syarat-syarat tersebut diatas dan tidak menyesatkan pembaca.

Demikian adalah  SYARAT – SYARAT LAPORAN KEUANGAN . Simak juga berbagai macam materi akuntansi di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment