Standarisasi Akuntansi Keuangan | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Standarisasi Akuntansi Keuangan

Standarisasi Akuntansi Keuangan

Standarisasi Akuntansi Keuangan - Laporan Keuangan yang disajikan hendaknya harus sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum atau sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), tentang petunjuk dan prosedur akuntansi yang berisi tentang peraturan tentang standar pencatatan, tentang penyusunan, serta tentang penyajian laporan keuangan mengacu pada teori-teori tentang penanfsiran dan penalaran yang mendalam oleh suatu lembaga yang dinamakan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).


PSAK mulai diterapkan di Indonesia pada 1994, akan tetapi dalam perkembangan penyusunan standarisasi akuntansi di Indonesia oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) tidak dapat terlepas dari perkembangan penyususunan standar akuntansi internasional yang dilakukan oleh International Accounting Standards Board (IASB).

Standar Akuntansi Keuangan Internasional dalam proses konvergensi secara penuh dengan International Financial Reporting Standard (IFRS) yang dikeluarkan oleh IASB,  yakni suatu standar laporan keuangan yang bisa diterima secara internasional dan mulai diterapkan di Indonesia sejak tahun 2012.

Demikian adalah Standarisasi Akuntansi Keuangan, simak juga berbagai materi akuntansi lainnya dalam blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment