Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Persamaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Persamaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen - Mendasarkan pada nama kedua tipe akuntansi tersebut terlihat bahwa keduanya memiliki konsep dasar keilmuan yang sama dengan objek yang berbeda. Maka konsep dasar keilmuan yang sama dari kedua tipe akuntansi tersebut berupa ilmu akuntansi. 

Oleh karena itu, maka akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen akan memiliki beberapa kesamaan yang berupa:



1) Keduanya (Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen) menghasilkan
informasi keuangan. 

Keduanya memiliki konsep dasar keilmuan yang sama yaitu akuntansi yang selalu berkaitan dengan transaksi-transaksi yang terjadi dalam suatu organisasi, atau lembaga, serta perusahaan. Dan satu hal yang perlu diingat kembali, jadi tidak semua transaksi menjadi garapan akuntansi akan tetapi hanya transaksi-transaksi yang didukung oleh bukti-bukti yang sah dan mempunyai nilai yang dinyatakan dalam satuan moneter. 

Dengan konsep dasar keilmuan yang sama tersebut keduanya akan menghasilkan informasi yang sama yaitu informasi keuangan. Sekalipun tidak dapat dipungkiri bahwa informasi nonkeuangan merupakan informasi penting bagi pihak manajemen dalam pengelolaan organisasi, pengelolaan lembaga, serta perusahaan, akan tetapi hampir seluruh informasi nonkeuangan tersebut berada di luar ruang lingkup akuntansi.

2) Kedua tipe akuntansi tersebut masing-masing berfungsi sebagai penyedia informasi keuangan bagi seseorang guna memudahkan dalam pengambilan Konsep Dasar Akuntansi Biaya

Demikian adalah Persamaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen, simak juga berbagai macam artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi lainnya.

Komentar

Posting Komentar