Perbedaan antara Pasar dan Pemasaran | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Perbedaan antara Pasar dan Pemasaran

Perbedaan antara Pasar dan Pemasaran

Perbedaan antara Pasar dan Pemasaran - Pasar merupakan konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.

Pemasaran merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, untuk menetapkan harga, untuk mendistribusikan, serta untuk mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.



Bauran Pemasaran (marketing mix)

    Definisi Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.

    Empat variabel bauran pemasaran

Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. Maka penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:

     Produk (product)

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, yang diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen

    Harga (price)

Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Maka harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Karena harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. 

    Tempat (place)

Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Serta keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.

    Promosi (promotion)

Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan. 

Demikian adalah Perbedaan antara Pasar dan Pemasaran, simak juga aneka artikel akuntansi di blog Sistem Informasi Akuntansi yang satu ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment