Penurunan Nilai Aktiva dan Pelepasan Aktiva Tak Berwujud | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » » Penurunan Nilai Aktiva dan Pelepasan Aktiva Tak Berwujud

Penurunan Nilai Aktiva dan Pelepasan Aktiva Tak Berwujud

Penurunan Nilai Aktiva dan Pelepasan Aktiva Tak Berwujud - Aktiva tak berwujud jarang mempunyai nilai residu. Jadi biaya aktiva  tak berwujud yang tidak memiliki masa umur manfaat yang dapat ditetntukan atau umur hukum tidak terbatas juga harus diamortisasi berdasarkan estimasi umur manfaatnya.



 Penurunan Nilai Aktiva Tak Berwujud

   Jika jumlah yang tidak didiskontokan atas arus kas masuk yang diharapkan dari penggunaan aktiva tak berwujud yang dapat diidentifikasi lebih kecil dari nilai buku yang belum diamortisasikan, tentunya aktiva tak berwujud disesuaikan ke nilai wajarnya. Maka kerugian penurunan ini langsung diakui sebesar perbedaan antara nilai buku dan nilai wajar. Nilai buku aktiva yang telah direvisi akan diamortisasi selama sisa umur manfaat aktiva tersebut, akan tetapi periode amortisasi tidak lebih dari 40 tahun.

Pelepasan Aktiva Tak Berwujud

Ketika sebuah aktiva tak berwujud dijual, atau dipertukarkan, atau juga dilepaskan, maka biaya yang belum diamortisasi harus dihilangkan dari akun keuntungan atau kerugian pelepasan diakui dan dicatat. Tentunya keuntungan atau kerugian adalah sama dengan perbedaan antara hasil bersih dari pelepasan dan biaya yang belum diamortisasi.

Demikian adalah Penurunan Nilai Aktiva dan Pelepasan Aktiva Tak Berwujud, simak juga berbagai macam artikel penting lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment