Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Penjelasan Tentang Amortisasi

Penjelasan Tentang Amortisasi - Dalam kesempatan kali ini, blog Sistem Informasi Akuntansi akan menjelaskan salah satu istilah akuntansi yang sedikit asing di telinga, yakni Amortisasi. Amortisasi adalah penyusutan yang dilakukan terhadap Aktiva Tidak Berwujud, sementara Depresiasi adalah penyusutan yang dilakukan terhadap Aktiva Berwujud.



Amortisasi yang dilakukan terhadap Aktiva Tidak Berwujud meliputi

- Hak Paten, yakni biaya yang dikeluarkan dalam rangka memperoleh hak paten tersebut harus didebit, dan akan diamortisasi selama umurnya, yaitu 20 tahun di USA. Tak menutup kemungkinan jika umur hak paten lebih pendek daripada estimasi umur manfaat karena perkembangan teknologi yang sangat cepat.

- Hak Cipta, yaitu Hak eksklusif untuk mempublikasikan hasil karya dan menjual berupa buku, karya, seni atau musik. Kisaran umurnya ada yang sampai 70 tahun atau penulisnya meninggal dunia.

- Merk Dagang, meliputi nama atau istilah dan symbol yang digunakan untuk mengidentifikasikan produk yang memberikan karakter khas yang membedakan dengan produk kompetitor.


Ilustrasi:

Awal tahun, suatu perusahaan membeli hak paten sebesar $ 70,000 dengan umur manfaat yang tersisa hanya 7 tahun saja.

Jurnal:
D : Beban Amortisasi== $ 10,000
K : Paten================= $ 10,000

Demikian adalah Penjelasan Tentang Amortisasi, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Komentar