Pengertian Sumber-Sumber Dana Bank | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Pengertian Sumber-Sumber Dana Bank

Pengertian Sumber-Sumber Dana Bank

Pengertian Sumber-Sumber Dana Bank - Dalam kesempatan kali ini blog Sistem Informasi akan membahas mengenai salah satu hal penting dalam akuntansi. Yakni Pengertian Sumber-Sumber Dana Bank, silahkan disimak dan semoga bisa memberikan manfaat bagi anda yang tengah mempelajari mata kuliah yang satu ini. 




Setiap kegiatan usaha pasti membutuhkan dana baik untuk kebutuhan rutin maupun untuk keperluan perluasan usaha, serta tidak terkecuali lembaga keuangan seperti bank. Yang dimaksudkan sumber-sumber dana bank adalah usaha bank dalam memperoleh dana dalam rangka membiayai kegiatan operasionalnya. Jadi sesuai dengan fungsi bank sebagai lembaga keuangan di mana kegiatan sehari-harinya adalah bergerak dibidang keuangan, tentu saja sumber-sumber dana juga tidak terlepas dari bidang keuangan. Maka untuk menopang kegiatan bank sebagai penjual uang (memberikan pinjaman), bank harus lebih dahulu membeli uang (menghimpun dana), jadi kemudian dari selisih bunga tersebut bank memperoleh keuntungan. 

Kemampuan bank memperoleh sumber-sumber dana yang diinginkan sangat mempengaruhi kelanjutan usaha bank. Kemudian dalam mencari sumber dana, maka bank harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti kemudahan untuk memperoleh dana tersebut, dengan jangka waktu sumber dana serta biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh dana tersebut. Maka dalam hal ini, sebuah bank harus pintar menentukan untuk apa dana tersebut digunakan, menghitung seberapa besar dana yang dibutuhkan, hingga akhirnya tidak salah dalam menentukan pilihan. Dengan pemilihan sumber dana akan menentukan besar kecilnya biaya yang ditanggung.oleh karena itu pemilihan sumber dana bank harus dilakukan secara tepat.

Demikian adalah Pengertian Sumber-Sumber Dana Bank, terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment