Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Pengertian Inflasi

Pengertian Inflasi - Pengertian Inflasi adalah suatu keadaan yang mengakibatkan naiknya harga secara umum atau suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus. Maka inflasi merupakan proses menurunnya nilai uang secara kontinu. Tanda-tanda terjadinya Inflasi dengan adanya kecendrungan harga-harga meningkat, adanya peningkatan harga terus-menerus, serta harga meningkat secara umum.



Inflasi digolongkan menjadi 3 golongan :

1. berdasarkan sumber timbulnya inflasi
2. berdasarkan cakupan pengaruh kenaikan harga
3. berdasarkan parah atau tidaknya inflasi

Timbulnya inflasi disebabkan karena :

1. Tarikan Permintaan ( Deman full Inflastion)
2. Desakan biaya (cost push inflastion)
3. inflasi campuran
4. inflasi impor

Inflasi dapat diatasi dengan melakukan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal yang dapat dilakukan dengan cara politik diskonto, adanya politik pasar terbuka, ada pengaturan perizinan, serta menaikan tarif pajak, pengadaan pinjaman dll. dampak yang ditimbulkan karena adanya inflasi bagi perekonomian adalah terjadinya investasi berkurang, bisa mendorong spekulasi, dan berkurangnya daya saing produk.

Demikian adalah penjelasan Pengertian Inflasi, simak juga berbagai artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

Komentar