Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Organsisasi-Organisasi Pembuat Standar Akuntansi

Organsisasi-Organisasi Pembuat Standar Akuntansi di USA dan Inggris -   Indonesia telah membuat perkembangan ekonomi yang bagus pada dekade yang lalu. Akan tetetapi krisis fiansial asia membuat negara ini menuju ke arah kemiskinan. Lantas sejak krisis, negara Indonesia telah melakukan beberapa perubahan sosial dan politik. Yang menghasilkan perubahan substansial dan merubah drajat kemakmuran sperti sebelum krisis.



Pada tahun 1994, akhirnya komite standar akuntansi keangan direkonstruksi sebagai aturan standar akuntansi yang lebih independen atas IAI, yang sekarang DSAK bekerja untuk mengharmonisasi standar akuntansi indonesia dengan IFRS.
 Lalu apa saja Organsisasi-Organisasi Pembuat Standar Akuntansi? 

1.      Amerika Serikat
 
o   Securities and Exchange Commission (SEC);
o   American Institute of Certified Public Accountans (AICPA);
o   Financial Accounting Standards Board (FASB);
o   Governmental Accounting Standards Board (GASB).
2.      Inggris
Pada negara Inggris, ternyata profesi akuntan independen mempunyai pengendalian yang luas atas standar-standar akuntansi dan berlaku prinsip full disclosure dan transparency sebagai kebutuhan sentral dari pelaporan keuangan.
Maka sebagian besar apa yang terjadi dalam akuntansi di Inggris dimandatkan oleh hukum. Namun ada dua sumber utama standar akuntansi keuangan di Inggris, yaitu hukum perusahaan dan badan profesi akuntansi. Maka badan-badan akuntansi utama di UK antara lain:
o   The Institute of Chartered Accountants in England & Wales;
o   The Institute of Chartered Accountants of Ireland;
o   The Institute of Chartered Accountants of Scotland;
o   The Association of Certified Chartered Accountants (ACCA);
o   The Institute of COST & Management Accountants;
o   The Chartered Institute of Public Finance & Accountancy.
Demikian adalah Organsisasi-Organisasi Pembuat Standar Akuntansi di USA dan Inggris. Simak juga berbagai artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

Komentar