Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Memahami Logika Laporan Keuangan (Neraca dan Laba Rugi)

Memahami Logika Laporan Keuangan (Neraca dan Laba Rugi) - Produk akhir dari proses akuntansi yang paling penting dan utama adalah laporan keuangan. Dan dengan membaca laporan keuangan, maka manajemen, pemilik perusahaan, dan sesiapapun yang berkepentingan, akan bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Namun ironinya, sekian banyak pihak yang berkentingan atas produk ini, ternyata yang sungguh-sungguh memahami logika laporan keuangan tidak banyak. Urusan itu bisa dimengerti karena mereka memang berasal dari kalangan yang berbeda-beda—mungkin malah lebih banyak yang dari luar akuntansi dan keuangan. Hanya saja jika orang accounting (yang membuat laporan itu sendiri) yang tidak sungguh-sungguh memahami logika di balik laporan keuangan, maka benar-benar menjadi ironi.



Idealnya, apabila mereka memahami logika-logika dibalik sebuah laporan keuangan, maka mestinya mereka bisa memberi saran dan masukan bagi manajemen mengenai apa yang perlu (atau tak perlu) dilakukan di masa-masa yang akan datang agar masalah yang sama tidak terjadi lagi. Pemahaman logika itu sendiri memegang peranan penting dalam laporan keuangan neraca laba rugi ini,

Demikian adalah Memahami Logika Laporan Keuangan (Neraca dan Laba Rugi), simak juga berbagai artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

Komentar

  1. kalau si pembuat laporan keuangannya nggak benar-benar paham, gimana yang liat bisa paham ya mbak :)

    @QuelleIdee07

    BalasHapus
  2. Saya pernah bekerja mengelola keuangan, kecil2an, trmsk membuat Neraca Laba Rugi.

    Meski tdk punya ltr blkg pddkn Ekonomi, ternyata stlh terjun kerja, Laporan Keuangan mjd sgt vital bagi seubah usaha. Jadilah kudu belajar, langsung praktek.

    saya suka puyeng mbak, liat angka2 ... tapi kalo angkanya tertera pada "lembaran" yg bernilai tukar, ini nih yg bikin semangat berbinar ...hahahhahh.

    Terimakasih share ilmunya mbak ...



    BalasHapus

Posting Komentar