Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Manfaat Akuntansi Bagi Masyarakat

Manfaat Akuntansi Bagi Masyarakat -  Di luar sana tentu ada yang bertanya, mengapa akuntansi menjadi salah satu jurusan pendidikan yang populer, padahal akuntansi sangat rumit dan sulit. Manfaat akuntansi dibidang pendidikan adalah guna mengembangkan pengetahuan tentang ilmu akuntansi dikalangan pelajar agar pelajar dapat menerapkan dan mengembangkan akuntansi di dalam kehidupan sehari-hari.



Manfaat akuntansi bagi unit usaha :

Perusahaan adalah suatu lembaga yang melakukan kegiatan usaha baik memproduksi barang ataupun jasa untuk dikonsumsi oleh masyarakat yang bertujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan yang sebesar-besarnya.

Akuntansi mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan, maka karena itu kemajuan suatu perusahaan dapat dilihat dari proses akuntansi perusahaan tersebut. Apabila proses akuntansinya tersusun dengan baik dan benar sesuai dengan bukti-bukti yang ada, tentu kemungkinan besar perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang baik, maka begitu pula sebaliknya.


Akuntansi juga berfungsi sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan terhadap aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan, contohnya saja untuk mengetahui maju mundurnya suatu perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan tersebut. Jadi, selain itu akuntansi juga berfungsi sebagai dasar dalam perhitungan pajak suatu perusahaan dan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi para investor yang ingin menginvestasikan asset mereka. Maka dengan kata lain akuntansi merupakan cerminan dari suatu perusahaan.

Demikian adalah Manfaat Akuntansi Bagi Masyarakat. Simak juga materi akuntansi lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Semoga bermanfaat.

Komentar