Jenis-Jenis Jurnal Dalam Akuntansi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , , , » Jenis-Jenis Jurnal Dalam Akuntansi

Jenis-Jenis Jurnal Dalam Akuntansi

Jenis-Jenis Jurnal Dalam Akuntansi - Jurnal yang umumnya ada pada jurnal akuntasi yaitu seperti jurnal penjualan, seperti jurnal pembelian, juga jurnal penerimaan kas, atau jurnal pengeluaran kas dan jurnal umum. Berikut ini adalah Jenis-Jenis Jurnal Dalam Akuntansi : 

• Jurnal Penjualan merupakan jurnal yang khusus digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang dilakukan secara kredit. Namun penjualan secara tunai biasanya tidak dimasukkan dalam jurnal ini karena dalam transaksi penjualan tunai terjadi penerimaan kas, jadi penjualan tunai biasanya dicatat dalam jurnal penerimaan kas.

• Jurnal Pembelian, memiliki fungsi sebagai tempat mencatat transaksi pembelian barang yang dilakukan secara kredit. Maka bukti transaksi yang menjadi sumber pencatatan dalam jurnal pembelian adalah faktur yang diterima dari pihak lain (faktur pembelian). Adanya pemindahbukuan data jurnal pembelian dan data buku jurnal khusus lainnya ke buku besar, akan dilakukan secara periodik, serta biasanya pada tiap akhir bulan .



• Jurnal Penerimaan Kas merupakan jurnal yang disediakan khusus untuk mencatat transaksi penerimaan kas. Demi menghemat waktu pencatatan, kemudian jurnal ini dirancang dengan meanyediakan sejumlah kolom dan hanya total setiap rupiah yang dibukukan kedalam buku besar.

• Jurnal pengeluaran kas adalah jurnal khusus untuk mencatat semua pengeluaran uang melalui kas.

• Jurnal Umum digunakan untuk mencatat penyesuaian pembukuan, untuk penutupan pembukuan, untuk koreksi dan transaksi-transaksi lainnya yang tidak dapat dicatat di dalam jurnal khusus.

Setelah transaksi dimasukkan ke dalam jurnal-jurnal yang ada, lalu selanjutnya adalah memasukkan jurnal ke dalam buku besar secara berkala. Lantas hasil pemindahan ke dalam buku besar tersebut akan terlihat dari rangkuman neraca percobaan. Yang dimaksudkan Buku Besar adalah buku yang berisi semua rekening-rekening (kumpulan rekening) yang ada dalam laporan keuangan. Maka demikian adalah Jenis-Jenis Jurnal Dalam Akuntansi, simak berbagai artikel mengenai Sistem Informasi Akuntansi di blog ini. Terima kasih.

2 komentar: