Harga Pokok Produk dan Jasa | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » » Harga Pokok Produk dan Jasa

Harga Pokok Produk dan Jasa

Harga Pokok Produk dan Jasa -  Seperti yang telah diketahui, bahwa keluaran organisasi merupakan salah satu objek biaya terpenting. Jadi ada dua jenis keluaran, yakni produk berwujud dan jasa. Produk berwujud adalah barang yang dihasilkan dengan mengubah bahan baku melalui penggunaan tenaga kerja dan masukan modal. Yang disebut jasa adalah tugas atau aktivitas yang dilakukan untuk pelanggan atau aktivitas yang dijalankan oleh pelanggan dengan menggunakan produk atau fasilitas organisasi. Jadi jasa juga diproduksi dengan menggunakan bahan, tenaga kerja, dan masukan modal.



Jasa berbeda dengan produk berwujud dalam empat dimensi penting:

    Tidak berwujud: pembeli jasa tidak dapat melihat, merasakan, mendengar, atau mencicipi suatu jasa sebelum jasa tersebut dibeli.
    Tidak tahan lama: jasa tidak dapat disimpan untuk kegunaan masa depan oleh pelanggan, tetapi harus dikonsumsi saat diadakan.
    Tidak dapat dipisahkan: produsen dan pembeli jasa biasanya harus melakukan kontak langsung saat terjadi pertukaran. Akibatnya, jasa kerap tidak dapat dipisahkan dari produsennya.
    Tidak selalu sama: terdapat peluang variasi yang lebih besar pada penyelenggaraan jasa daripada produksi produk.

Organisasi yang membuat produk berwujud disebut organisasi manufaktur. Maka oOrganisasi yang memproduksi produk tidak berwujud disebut organisasi jasa. Jadi biaya setiap produk berlaku untuk produk berwujud dan tidak berwujud. Maka, ketika membahas masalah harga pokok produk, tentu kita mengacu pada produk berwujud dan tidak berwujud.

Demikian adalah  Harga Pokok Produk dan Jasa, simak aneka artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntanti ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment