Elemen-elemen Biaya Produksi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Elemen-elemen Biaya Produksi

Elemen-elemen Biaya Produksi

Elemen-elemen Biaya Produksi - Dalam proses produksi untuk menghasilkan suatu produk atau perusahaan manufaktur biasanya mengeluarkan berbagai macam biaya. Jadi biaya yang beraneka ragam tersebut dapat dikelompokan menjadi 3 golongan besar, yaitu : bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan juga overhead pabrik.
Bahan Langsung

Bahan yang digunakan dan menjadi bagian dari produk jadi disebut bahan langsung. Contoh bahan langsung dalam sebuah pabrik sepatu terdiri dari kulit, kain, benang, paku dan lem. Contoh bahan langsug harus dibedakan dari bahan tak langsung yang meliputi bahan-bahan perlengkapan pabrik seperti minyak dan oli mesin, jadi bahan bakar dan sebagainya.bahan tak langsung digunakan dalam proses produksi, namun tidak menjadi bagian dari produk jadi.oleh karena itulah biaya bahan tak langsung menjadi sukar untuk ditelusuri ke unit barang tertentu atau proses tertentu. Itulah sebabnya, di dalam akuntansi untuk biaya produksi, maka biaya bahan tak langsung diperlukan sebagai overhead pabrik.

Elemen-elemen Biaya Produksi


Tenaga kerja langsung

Tenaga kerja yang terlibat langsung dalam proses mengubah bahan menjadi produk jadi disebut tenaga kerja langsung. Tenaga kerja tak langsung digunakan dalam proses produksi tetapi tidak bias dihubungkan atau diterapkan pada suatu produk tertentu. Maka oleh karena itu tenaga kerja tak langsung tidak dapat dengan mudah dihubungkan atau dibebankan pada unit atau proses tertentu. Nah, contoh tenaga kerja tak langsung adalah tenaga pengawas,tenaga pemeliharaan mesin,dan tenaga pembersih. Kemudian rekening yang digunakan untuk mencatat biaya tenaga kerja langsung dalam system akuntansi umum disebut tenaga kerja langsung. Sementara itu biaya kerja tak langsung dicatat dalam satu atau beberapa rekening tenaga kerja tak langsung.

Overhead Pabrik

Biaya-biaya produksi lain, jadi selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung disebut overhead pabrik. Maka biaya-biaya ini disebut juga biaya produksi tak langsung.

Demikian adalah Elemen-elemen Biaya Produksi, simak juga berbagai macam artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih. 

0 komentar:

Post a Comment