Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Apakah Perbedaan Antara Metode Perpetual dan Metode Periodik

Apakah Perbedaan Antara Metode Perpetual dan Metode Periodik - Kesempatan kali ini blog Sistem Informasi Akuntansi akan membahas mengenai perbedaan dari dua metode, yakni metode perpetual dan juga metode Periodik. Silahkan disimak materinya berikut ini :

1. Metode Perpetual

Sistem pencatatan metode perpetual disebut juga metode buku adalah sistem dimana setiap persediaan yang masuk dan keluar dicatat di pembukuan. Jadi setiap jenis barang dibuatkan kartu persediaan dan di dalam pembukuan dibuatkan rekening pembantu persediaan. Lalu rincian dalam buku pembantu bisa diawasi dqari rekening kontrol persediaan barang dalam buku besar. Maka rekening yang digunakan untuk mencatat persediaan ini terdiri dari beberapa kolom yang dapat dipakai untuk mencatat pembelian, atau penjualan dan saldo persediaan. Maka setiap perubahan dalam persediaan diikuti dengan pencatatan dalam rekening persediaan sehingga jumlah persediaan sewaktu-waktu dapat diketahui dengan melihat kolom saldo dalam rekening persediaan. Maka masing-masing kolom dirinci lagi untuk kuantitas dan harga perolehannya.
Dengan penggunaan metode buku akan memudahkan penyusunan neraca dan laporan laba rugi jangka pendek, jadi tidak perlu lagi mengadakan perhitungan fisik untuk mengetahui jumlah persediaan akhir.


Apakah Perbedaan Antara Metode Perpetual dan Metode Periodik

2. Metode Periodik

Pada metode ini, jika terjadi pembelian maka jurnalnya adalah mendebet rekening pembelian dan mengkredit kas atau utang dagang. Apabila terjadi penjualan maka jurnalnya adalah mendebet rekening kas/ piutang dagang dan mengkredit rekening penjualan. Jadi untuk mengetahui persediaan akhir dilakukan inventarisasi atau stock opname pada akhir periode.
Nah dari kedua metode di atas, maka metode persediaan periodik lebih sederhana dan lebih mudah penyelenggaraannya bila dibandingkan dengan metode perpetual. Apabila ditinjau dari segi ketepatan dan kecepatan informasi yang dihasilkan, memang metode persediaan perpetual jauh lebih unggul. Jadi setiap saat persediaan akhir dapat diketahui.

Demikian adalah Apakah Perbedaan Antara Metode Perpetual dan Metode Periodik, simak juga berbagai macam artikel lainnya. Terima kasih.

Komentar