Apa Itu Risiko Audit atau Audit Risk? | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Apa Itu Risiko Audit atau Audit Risk?

Apa Itu Risiko Audit atau Audit Risk?

Apa Itu Risiko Audit atau Audit Risk?  - Salah satu pertanyaan yang sering muncul di seputaran auditing adalah berikut ini : apa sih itu risiko audit atau audit risk (AR)? Lalu bagaimana caranya menghitung dan bagaimana contoh terapannya?

Pertanyaan yang sangat bagus. Karena bagaimanapun juga, menyinggung tentang risiko audit memang sifatnya fundamental di wilayah auditing. Jadi dalam artian, jika auditor yang tidak menghitung risiko sebelum menajalankan proses audit namanya “bunuh diri.”




Reputasi KAP,  yaitu tempat kerja auditor, bisa saja rusak bila belakangan ternyata ada skandal hebat yang sedang berlangsung di dalam perusahaan klien yang baru saja diberikan opini “wajar tanpa pengecualian” (WTP). Bahkan bisa juga salah-salah, akan ikut terseret kasus pidana jika kasusnya bergulir ke ranah hukum. Jadi risiko Audit atau Audit Risk (AR) adalah kemungkinan risiko salahsaji bersifat material dan/atau penggelapan (fraud) yang bisa lolos dari proses audit jika auditor tidak melakukan tugasnya secara cermat.

Mengingat risiko itu, maka tentunya auditor harus melakuka pemeriksaan risiko (risk assessment) sebelum menjalankan proses audit, atau tepatnya pada fase perencanaan audit (audit planning).

Tujuannya adalah untuk mengukur dan memetakan risiko audit yang mungkin timbul thus bisa menentukan dimana proses pemeriksaan dilaksanakan secara ketat dan dimana agak longgar, dan dimana audit penuh (full audit) dan dimana secara acak (random audit).

Demikian adalah Apa Itu Risiko Audit atau Audit Risk? simak juga berbagai artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. terima kasih.

1 komentar:

  1. Good article.
    Di ISO 9001:2015 melibatkan Risk Base Thinking. Termasuk dalam melaksanakan audit.
    Training Auditor

    ReplyDelete