Apa Itu Bahan Baku (Raw Materials) | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » » Apa Itu Bahan Baku (Raw Materials)

Apa Itu Bahan Baku (Raw Materials)

Apa Itu Bahan Baku (Raw Materials) - Pembelian bahan baku, memang seperti halnya perusahaan dagang, jadi dicatat dalam buku pembelian (untuk pembelian kredit) dan buku pengeluaran kas (untuk pembelian tunai). Lalu pembayaran hutang yang bersangkutan dicatat dalam buku pengeluaran kas. Lantas di buku besar, adanya pembelian bahan baku dicatat dalam rekening pembelian dan rekening-rekening lain yang berhubungan, contoh misalnya potongan pembelian serta pembelian retur dan pengurangan harga. Jadi pengeluaran bahan baku dari gudang untuk produksi tidak dicatat.


Jadi, di dalam perusahaan dagang, perkiraan persediaan bahan baku hanya digunakan untuk menampung ayat jurnal penyesuaian pada akhir periode. Contoh jurnal penyesuaian dibuat untuk nilai persediaan yang ada di awal dan akhir periode. Jadi sementara itu, adanya nilai persediaan ditentukan dengan mengadakan penghitungan fisik. Maka jurnal penyesuaian untuk persediaan (awal dan akhir) dilakukan terhadap rekening Ikhtisar Beban pokok produksi.

Demikian adalah Apa Itu Bahan Baku (Raw Materials), simak juga berbagai artikel lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment