Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Sistem Biaya Pesanan-Produk Catat/Spoiled Goods



Sistem Biaya Pesanan-Produk Catat/Spoiled Goods -  Pengertian biaya itu sendiri merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan dalam menjalankan usahanya. Kejadian ini disebabkan biaya sangat menentukan keuntungan yang akan diperoleh perusahaan tersebut.

Menurut Sistem Informasi Akuntansi, Biaya adalah semua pengeluaran yang dapat diukur dengan uang, baik yang telah, sedang maupun yang akan dikeluarkan untuk menghasilkan suatu produk.

Ilmu yang mempeajari masalah-masalah biaya adalah Akuntansi Biaya. Akuntasnsi biaya pada perusahaan berhubungan dengan tugas-tugas : mencatat, mengklasifikasikan, mengintrespestasikan, menyajikan dan mengendalikan biaya dari proses produksi.

PT Sukasuka menggunakan sistem biaya pesanan. Jadi selama periode berjalan sebanyak 1.000 peralatan plastik dicetak untuk pesanan No.007. Jadi total biaya untuk pesanan tersebut adalah :

Bahan Baku==========================$ 24,000
Tenaga kerja (1,000 jam x $10 per jam======= $ 10,000
Overhead pabrik ($20 per jam tenaga kerja)=== $ 20,000
Total Biaya==========================$ 54.000

Nah, sebelum ditransfer ke persediaan barang jadi, maka kursi diinspeksi dan 100 unit ditemukan catat alias tak layak guna. Sayangnya peralatan listrik yang cacat tidak dapat dibetulkan kembali. Walau demikian, nyatanya peralatan plastik tersebut dapat dijual dengan harga lebih murah yakni $ 9 per unit. Memang perusahaan memiliki akun persediaan barang cacat yang terpisah untuk cacat dan membebankan biaya yang tidak tertutup dengan penjualan barang cacat ke akun pengendali overhead pabrik.

Diminta ;

a. Hitunglah biaya pesanan No.007 yang ditransfer ke persediaan barang jadi dan persediaan produk cacat.
b. Susunlah jurnal yang diperlukan.

Jawaban:

a. Biaya per unit = $54,000 : 1,000 unit = $54 per unit.

b. Jurnal :

D: Persediaan Barang Catat ($9x100 unit)==== $ 900
D: Pengendali Overhead Pabrik ($54-$9)x100= $ 4,500
D: Persediaan Barang jadi ($54 x 900)====== $ 48,600
K: Barang Dalam Proses====================== $54,000

Demikian adalah penjelasan Sistem Biaya Pesanan-Produk Catat/Spoiled Goods, semoga bermanfaat.

Komentar