Rumus Dasar Laporan Keuangan | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Rumus Dasar Laporan Keuangan

Rumus Dasar Laporan Keuangan

Rumus Dasar Laporan Keuangan - Akuntansi adalah salah satu bidang Ilmu Ekonomi yang di dalamnya terkandung Ilmu-ilmu lain lain seperti matematika dan beberapa ilmu pendidikan lain. Maka adanya sebuah rasio atau alur khusus yang di sebut dengan nama siklus akuntansi. Juga ada juga Laporan Keungan. 

Laporan keuangan begitu penting sekali. Dalam dunia pendidikan Laporan di kenal sebagai kegiatan pencacatan keuangan atau akuntansi. Dalam bahasa lainnya disebutkan sebagai Pembukuan. Sebenarnya rumus dasar dari laporan keuangan atau akuntansi hanya ada satu dan tidak begitu rumit.




Rumus dasar akuntansi yang dimaksudkan adalah sebagai berikut, di bawah ini :

Harta = Utang + Modal

Sehingga di balik dalam posisi apapun maka rumus itu akan tetap sama misalnya saja seperti di bawah ini :

Utang = Harta - Modal
Modal = Harta - Utang

Maka Rumus dasar inilah yang menjadi patokan dasar dari kegiatan pencatatan dan pembukuan dalam mengelola keuangan. Maka semua pos di atas, apabila dikelompokkan lagi maka akan terlihat sebagai berikut :

Aktiva = Harta
Fasiva = Utang + Modal

Jadi dalam laporan keuangan yang menjadi kunci utama dari hasil yang sempurna adalah balance. Maka hal itu artinya jumlah aktiva harus sama dengan fasiva.

Demikian adalah Rumus Dasar Laporan Keuangan, simak juga berbagai artikel mengenai sistem informasi akuntansi lainnya. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment