Pihak Yang Menggunakan dan Membutuhkan Informasi atau Laporan Akuntansi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , , » Pihak Yang Menggunakan dan Membutuhkan Informasi atau Laporan Akuntansi

Pihak Yang Menggunakan dan Membutuhkan Informasi atau Laporan Akuntansi

Pihak Yang Menggunakan dan Membutuhkan Informasi atau Laporan Akuntansi - Pada dasarnya proses akuntansi akan membuat output laporan rugi laba, dengan laporan perubahan modal, serta laporan neraca pada suatu perusahaan atau organisasi lainnya. Maka pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan, mencantumkan nama laporan, dan juga tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan tersebut untuk memudahkan orang lain memahaminya. Maka laporan dapat bersifat periodik dan ada juga yang bersifat suatu waktu tertentu saja. Lalu siapa saja Pihak Yang Menggunakan dan Membutuhkan Informasi atau Laporan Akuntansi


 

1. Pihak Internal
 
Pihak internal adalah pihak yang berada dalam struktur organisasi. Maka manajemen adalah pihak yang paling membutuhkan laporan akuntansi yang tepat dan akurat untuk mengambil keputusan yang baik dan benar. Maka contohnya seperti manajer yang melihat posisi keuangan perusahaan untuk memutuskan apakah akan membeli gedung untuk kanntor cabang baru atau tidak.

2. Pihak Eksteral / External
 
a. Investor
Investor membutuhkan informasi keuangan perusahaan untuk menentukan apakah akan menanamkan modalnya atau tidak. Jika dalam prediksi investor akan memberikan keuntungan yang baik, tentu investor akan menyetorkan modal ke perusahaan, dan begitu juga sebaliknya.

b. Pemegang saham / pemilik perusahaan
Para pemilik perusahaan yang mempunyai bagian saham perusahaan membutuhkan informasi keuangan perusahaan untuk dapat mengetahui sejauh mana kemajuan atau kemunduran yang dialami perusahaan. Para pemegang saham akan mendapatkan keuntungan dari dividen yang akan semakin besar jika perusahaan untung besar.
 
c. Pemerintah
Besarnya pajak yang harus dibayarkan perusahaan atau organisasi kepada pemerintah sebagaian besar berdasarkan atas informasi pada laporan keuangan perusahaan.
 
d. Kreditur
Jika perusahaan sedang terdesak dan membutuhkan dana segar perusahaan mungkin akan meminjam uang pada kreditor seperti meminjam uang di bank, maka berhutang barang pada supplyer atau pemasok. Jadilah kreditur akan memberikan dana jika perusahaan memiliki kondisi keuangan yang baik dan tidak akan memiliki potensi yang besar untuk merugi.
 
e. Pihak Lainnya
Sebenarnya masih banyak pihak lain dari luar perusahaan perusahaan yang mungkin saja akan menggunakan laporan atau informasi akuntansi suatu organisasi seperti para karyawan, pada serikat pekerja, pada auditor akuntan publik, para polisi, pelajar atau mahasiswa, para wartawan, dan banyak lagi lainnya.

Demikian penjelasan singkatnya, simak juga berbagai artikel mengenai Sistem Informasi Akuntansi di blog ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment