Persamaan Akuntansi atau Accounting Equation | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Persamaan Akuntansi atau Accounting Equation

Persamaan Akuntansi atau Accounting Equation

Persamaan Akuntansi atau Accounting Equation - Memang hampir semua refrensi memulai pembahasannya dengan diawali dengan membahas materi persamaan akuntansi, hal itu memang benar karena persamaan akuntansi merupakan dasar pokok dari sistem akuntansi berpasangan.

Jadi saldo normal akun AKTIVA di sebelah kiri (debet ), maksudnya saldo akun AKTIVA selalu di sisi debet. Maka sifat perubahannya, AKTIVA bertambah di sebelah debet dan berkurang di sebelah kredit. Jadi saldo normal akun UTANG disebelah kanan (kredit), maksudnya saldo akun UTANG selalu di sisi kredit. Maka sifat perubahannya, UTANG bertambah di sebelah kredit dan berkurang di sebelah debet.

 

Apabila Saldo normal akun MODAL di sebelah kanan (kredit), maksudnya saldo akun MODAL selalu di sisi kredit. Maka sifat perubahannya, MODAL bertambah di sebelah kredit dan berkurang di sebelah debet. Jadi sesuai dengan sifatnya yang sederhana yang belum dibuka akun Penghasilan dan Beban, dan bila ada transaksi yang menyangkut Penghasilan dan Beban semua dimasukkan ke akun MODAL.

Persamaan Akuntansi lazimnya dijelaskan dengan menggunakan jenis perusahaan jasa.

Persamaan akuntansi itu meliputi :

A K T I V A = P A S S I V A
AKTIVA = UTANG + MODAL

AKTIVA LANCAR+ AKTIVA TIDAK LANCAR = UTANG LANCAR + UTANG JANGKA
PANJANG + MODAL SENDIRI

Perubahan yang diperoleh :

AKTIVA yang satu bertambah diiringi dengan AKTIVA yang lain berkurang dengan jumlah yang sama.

AKTIVA +/- diiringi dengan UTANG +/-
AKTIVA +/- diiringi dengan MODAL +/-

Demikian penjelasan Persamaan Akuntansi atau Accounting Equation, simak juga berbagai artikel menarik lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment