Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , , » Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen - Di dalam akuntansi ada banyak istilah yang nyaris sama, akan tetapi memiliki pengertian yang sangat berbeda. Contohnya saja adalah akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan informasi keuangan bagi pihak ekstern perusahaan, informasi yang disajikan berupa laporan neraca, laporan rugi laba, laporan perubahan modal, mengenai arus kas, serta catatan keuangan lainnya. Kemudian transaksi yang menjadi objek dalam akuntansi keuangan sifatnya umum menyangkut harta, serta utang dan modal perusahaan.
Sementara itu Akuntansi manajemen adalah akuntansi yang bertujuan menghasilkan informasi keuangan untuk pihak manajemen. Maka jenis informasi yang diperlukan pasti berbeda dengan informasi yang diperlukan pihak luar. Kemudian manajemen dalam hal ini terdiri dari top manajemen, middle manajemen dan lower manajemen. Pada umumnya informasi yang dihasilkan bersifat mendalam dan tidak dipublikasikan kepada pihak luar.


Maka di antara akuntasi keuangan dan akuntansi menajemen memiliki persamaan, yakni sebagai berikut ini  :
    Baik akuntansi keuangan maupun akuntansi manejemen merupakan pengolah informasi yang menghasilkan informasi keuangan.

    Akuntansi keuangan dan akuntansi menajemen juga berfungsi sebagai penyedia informasi keuangan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Sedangkan akuntasi biaya mempunyai tujuan untuk menghitung biaya produksi dalam rangka menetapkan harga pokok produk baik yang dibuat secara pesanan ataupun massal dan menyusun laporan biaya guna memenuhi kepentingan manjemen.
Maka dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa akuntasi biaya merupakan bagian dari akuntasi keuangan dan akuntansi manajemen karena akuntansi biaya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi pihak luar dan pihak dalam perusahaan, serta bukan berdiri sendiri diantara akuntansi biaya dan akuntansi manajemen.

Demikian adalah penjelasan singkatnya mengenai Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen. Simak juga berbagai artikel mengenai Sistem Informasi Akuntansi lainnya di blog ini. Terima kasih.

1 komentar:

  1. Kerrren juga artikelnya .. msh kuliah apa sdh lulus ka ? Jng2 dosen yah ..

    ReplyDelete