Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

PERANAN ANALISA BEP DALAM PERENCANAAN LABA

PERANAN ANALISA BEP DALAM PERENCANAAN LABA - Sebagaimana sudah kita diketahui bersama bahwa analisa BEP sangat serba guna bagi manajemen untuk menentukan kebijakanan bisnis perusahaan. Jadi salah satu manfaat analisa BEP yang sangat strategis adalah analisa BEP sebagai alat perencanaan laba atau lebih dikenal dengan BEP analysis as a tool of profit planning.
Jadi laba yang diharapkan dapat dihtung dengan menggunakan formula perhitungan BEP dengan metode persamaan, yakni sebagai berikut ini  :

Y = a + bX, dimana Y = Total Biaya, maka a adalah konstanta atau Fixed Cost atau biaya tetap. Sementara b adalah slope atau kemiringan garis atau koefisien arah atau Variable Cost. Sementara itu X adalah tingkat aktivitas, yang dapat berupa jam mesin, merupakan jam tenaga langsung, atau jumlah orang dsbnya.



 
Sehingga dengan demikian fungsi diatas menjadi : Y = FC + VC.X

BEP akan tercapai bila Total Pendapatan = Total Biaya, serta jika diformulasikan terlihat sebagaimana berikut ini :

Total Pendapatan = Total Biaya
Price/unit x Quantity = FC dan Variable Cost/unit

PQ = FC + VC

Bagaimana kaitannya dengan perencanaan laba? Tentu saja berkaitan karena dengan menggunakan formula tersebut kita bisa dengan mudah menetapkan berapakah tingkat laba yang kita inginkan. 

Demikian penjelasan singkatnya dari blog Sistem Informasi Akuntansi. Semoga bermanfaat.

Komentar