Pengertian Siklus Akuntansi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Pengertian Siklus Akuntansi

Pengertian Siklus Akuntansi




Pengertian Siklus Akuntansi - Akuntansi memang selalu menghitung, itulah yang ada dalam pikiran sebagian orang. Apalagi negara kita ini negara yang tidak suka dengan hitung-hitungan. Maka dalam akuntansi itu kita butuh pemahaman, dan bukan menghapal sebanyak-banyaknya. Karena yang dibutuhkan di akuntansi ini adalah pemahaman, itulah alasan utama yang membuat sebagian orang mungkin tidak mau mengambil urusan akuntansi ini, karena dia takut akan hitung-menghitung. Padahal akuntansi itu penting yaitu pentingnya kita atau bagaimana cara kita di dalam mengelola keuangan sendiri sampai keuangan negara .
Nah, Sistem Informasi Akuntansi kali ini menjelaskan mengenai Siklus Akuntansi, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Siklus Akuntansi merupakan proses penyusunan suatu laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dan serta diterima secara umum prinsip-prinsip dan kaidah akuntansi, prosedur-prosedur, metode-metode, serta teknik-teknik dari segala sesuatu yang dicakup dalam ruang lingkup akuntansi dalam suatu periode tertentu.

Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses pencatatan akuntansi, yaitu aktivitas mengumpulkan dan mengolah suatu data finansial untuk disajikan dalam format laporan keuangan atau ikhtisar-ikhtisar laporan keuangan lainnya yang dapat digunakan untuk membantu dalam membuat atau mengambil suatu keputusan atau analisa keuangan.

Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Dulu waktu saya masuk tahun pertama (Semester pertama) saya masuk Pendidikan Akuntasi. PDU Akuntansi. Itu era tahun 1990 an. Namun hanya bertahan beberapa semester lalu pindah

    ReplyDelete