Laporan Segmen/Segment Report | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Laporan Segmen/Segment Report

Laporan Segmen/Segment Report

Laporan Segmen/Segment Report - Ingin pandai maka belajar, ingin piawai, maka berlatih. Begitu pula dalam akuntansi. Sistem Informasi Akuntansi hanya bisa dikerjakan jika memahami satu per satu istilah di dalamnya. Kali ini akan membahas Laporan Segmen.

Laporan Segmen adalah laporan rugi laba yang menyajikan informasi tentang laporan rugi laba untuk setiap segmen usaha. Jadi dengan adanya laporan segmen maka akan diketahui bagaimana kinerja dari masing-masing segmen usaha tersebut. Maka output dari metode absorption berupa laporan rugi laba konvensional memberikan informasi untuk penyusunan laporan segmen, itu maksudnya laporan rugi laba konventional kita olah lagi dengan menggunakan analisa perilaku biaya yang menghasilkan laporan segmen.

Maka lebih tepat dikatakan bahwa laporan rugi laba konvensional menyajikan kinerja perusahaan dalam suatu periode tertentu secara komprehensif atau umum. Jadi, lebih dari itu dalam penyusunannya digunakan metode absorption atau full costing. Nah, sedangkan laporan rugi laba segmen disusun dengan menggunakan perilaku biaya yang menghasilkan kinerja perusahaan secara detail untuk setiap segmen usaha. Maka, untuk keperluan pengukuran kinerja manajer segmen lebih tepat digunakan laporan rugi laba segmen daripada laporan rugi laba konvensional.

Demikian, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment