Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Jurnal Umum dan Jurnal Khusus

Jurnal Umum dan Jurnal Khusus


Jurnal Umum dan Jurnal Khusus - Kembali lagi dengan pembahasan dasar-dasar jurnal yang umum dalam Sistem Informasi Akuntansi. Sekarang pembahasannya dalah jurnal umum. 


Journal atau jurnal umum, penjelasannya sesuai dengan namanya bahwa yang dinamakan dengan jurnal umum adalah jurnal dilakukan untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan. Jadi dalam jurnal ini semua transaksi yang melibatkan aspek keuangan dibuatkan jurnalnya masing-masing. Maka identitas yang digunakan dalam melakukan jurnal digunakan akun atau title untuk masing-masing karakteristik dari suatu transaksi. Selain itu jurnal itu disajikan dalam bentuk 2 kolom maka sering dinamakan dengan jurnal 2 kolom. Maka dilakukan jurnal atas transaksi berarti transaksi tersebut sudah dicatat dan dibukukan serta sudah dapat dipertanggungjawabkan. Semua sesuai asas pencatatan akun berganda maka tidak ada satu transaksipun yeng melibatkan hanya satu transaksi saja, maka yang terjadi diharuskan melibatkan minimal dua akun dan hasilnya selalu balance. Jadi semua transaksi harus dicatat atau dijurnal secara kronologis.

Special Journal atau jurnal khusus adalah jurnal digunakan untuk menampung jumlah transaksi yang relatif banyak sehingga sangat tidak efisien kalau dalam pelaksanaan jurnal, maka nama akun dalam penjurnalan selalu diulang-ulang banyak sekali.

Untuk menghindari terjadi pengulangan judul akun yang disebutkan secara berulang-ulang karena memang transaksinya sangat banyak diperlukan keefisienan dalam pencatatan transaksti tersebut. Bentuk special journal ini setelah diringkas menjadi beberapa jurnal khusus yang sudah kita kenal adalah jurnal penerimaan kas, jurnal pembayaran kas, jurnal penjualan, jurnal pembelian, dll.

Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat.

Komentar