Jenis-Jenis Obligasi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Jenis-Jenis Obligasi

Jenis-Jenis Obligasi

Jenis-Jenis Obligasi - Ada banyak istilah yang tak hanya dipelajari, namun juga harus dimengerti dan bisa dipraktekkan dengan baik oleh seorang akuntan. Nah, bagi anda yang masih mempelajari akuntansi, perdalam Sistem Informasi Akuntansi dengan baik. Simak Jenis-Jenis Obligasi di bawah ini.

Obligasi ada bermacam-macam jenisnya berdasarkan pada kondisi atau kenyataan yang menyertainya, antara lain adalah sebagai berikut :

01. Obligasi berjangka vs Obligasi berseri, yakni Obligasi berjangka jatuh temponya hanya sekali sedangkan obligasi berseri jatuh temponya berkali-kali atau cicilan.

02. Obligasi dijaminkan vs Obligasi tidak dijaminkan, yakni Obligasi yang dijaminkan memberikan perlindungan kepada investor sedangkan Obligasi tidak dijaminkan tidak demikian.

03. Obligasi atas nama vs Obligasi atas unjuk, yakni Obligasi atas nama mencantumkan pemegangnya pada catatan perusahaan penerbit sedangkan Obligasi atas unjuk menunjukkan kepada siapa saja pemegang obligasi tersebut.

04. Obligasi dengan bunga vs Obligasi tanpa bunga, yakni Obligasi dengan bunga sesuai dengan namanya memberikan bunga kepada pemegangnya sedangkan Obligasi tanpa bunga tidak ada bunga sama sekali.

05. Obligasi sampah, yakni Obligasi dengan resiko tinggi dan hasil yang tinggi pula.

06. Obligasi konversi, yakni Obligasi yang memungkinkan untuk dikonversi dengan efek yang lain sesuai dengan kesepakatan atau ketentuan dalam obligasi tersebut.

07. Obligasi dapat ditarik, yakni Obligasi yang sewaktu-waktu dapat ditarik kembali sebelum tanggal jatuh temponya.

Demikian adalah Jenis-Jenis Obligasi. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment