Jenis-Jenis Bidang Usaha | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Jenis-Jenis Bidang Usaha

Jenis-Jenis Bidang Usaha

Jenis-Jenis Bidang Usaha - Mempelajari akuntansi harus disiplin dan juga telaten. Pelajari dari dasarnya, misalnya adalah Jenis-Jenis Bidang Usaha. Jenis usaha adalah kelompok dari kegiatan usaha. Tentu saja untuk melihat jenis usaha dapat di lihat dari produk yang di pasarkan dan bagaimana mereka memperoleh produknya. Ihwal ini amat penting untuk kita ketahui apalagi bila anda menjalankan proses pengelolaan keuangan. Karena tiap proses pengelolaan keuangan itu berbeda di dasarkan pada bidangnya.




Adapun bentuk atau jenis-jenis bidang usaha.

1. Bidang Produksi

Bidang produksi merupakan salah satu bidang usaha yang bisa kita lakukan. Maka Bidang produksi itu bisa dilihat dari kegiatan usahanya. Jika sebuah usaha itu mengelola bahan mentah menjadi bahan jadi maka itu yang di sebut produksi, juga termasuk di antaranya pengusaha pengrajin. Jadi mereka adalah termasuk pada bidang usaha produksi. Maka dalam laporan keuangan untuk bidang ini biasanya ada pos atau perkiraan Persediaan awal dan persediaan akhir serta memiliki satu kelompok jurnal keuangan yang di sebut Barang dalam proses.

2. Bidang Perdagangan

Sama seperti bidang produksi, pada Bidang perdagangan juga masuk sebagai salah satu bidang usaha yang jega terpisah. Jadi perdagangan dapat dilihat dari kegiatan usahanya dalam memperoleh barang. Bila bidang produksi, maka barang di peroleh dengan mengelola bahan baku menjadi bahan jadi, lantas maka kelompok bidang perdagangan memperoleh produk dari barang jadi yang di jual kembali. Jadi biasanya suplier adalah salah satu tempat mereka memperoleh barang yang akan di jual.

3. Bidang Jasa

Bidang Jasa juga termasuk salah satu dari dari kelompok bidang usaha. Maka untuk mengetahui jenis bidang ini dapat di lihat dari produk yang mereka jual. Jika mereka menjual produk non fisik maka itu di sebut bidang jasa, contohnya seperti service televisi atau servis kulkas dan AC.

Sekarang mari kita mencoba melihat berikut ini, jika di kelompokkan dalam bidang-bidang usaha di atas maka yang manakah kelompok untuk bidang usaha berikut :

a. Fotocopy
b. Bengkel
c. Konveksi

Silahkan analisa bidang usaha tersebut di atas dan coba berikan opini anda. Simak juga berbagai macam artikel Sistem Informasi Akuntansi di blog ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment