Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Fungsi dan Pengertian Akuntansi



Fungsi dan Pengertian Akuntansi - Anak IPS atau SMK pasti tak asing dengan berbagai macam istilah dalam Sistem Informasi Akuntansi, tapi bagi mereka yang baru saja mengenali akuntansi tentunya membutuhkan penjelasan yang lebih detail mengenai materi yang satu ini. Maka dari itu Fungsi dan Pengertian Akuntansi akan dijelaskan secara singkat dan detail disini.

Yang dimaksudkan dengan akuntansi seringkali dinyatakan sebagai bahasa perusahaan yang berguna untuk memberikan informasi yang berupa data-data keuangan perusahaan yang dapat digunakan guna pengambilan keputusan. Jadi setiap perusahaan memerlukan dua macam informasi  tentang perusahaannya yaitu informasi mengenai nilai perusahaan dan informasi tentang laba atau ruginya sebuah usaha. Memang kedua informasi tersebut berguna untuk :
  •     Mengetahui besarnya modal yang dimiliki perusahaan
  •     Mengetahui perkembangan ayau maju mundurnya perusahan
  •     Sebagai dasar untuk perhitunngan pajak
  •     menjelaskan keadaan perusahaan sewaktu-waktu memrlukan kredit dari bank atau pihak lain
  •     Dasar untuk menentukan kebijakan yang akan ditempuh
  •     Menarik minat investor saham jika perusahaan berbentuk perseroan terbatas.

Maka untuk memperoleh informasi-informasi tersebut diatas, setiap pengusaha hendaknya mengadakan catatan yang teratur mengenai transaksi-transaksi yang dilakukan perusahaan yang dinyatakan dalam satuan uang yang digunakan.

Nah demikian adalah Fungsi dan Pengertian Akuntansi. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Ihiy, anak akuntan nih :3 calon orang yang bakal ngitungin banyak duit.

    Salam kenal dari anak sipil :D

    BalasHapus

Posting Komentar