Analisa Perilaku Biaya/Cost Behavior Analysis | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Analisa Perilaku Biaya/Cost Behavior Analysis

Analisa Perilaku Biaya/Cost Behavior Analysis

Analisa Perilaku Biaya/Cost Behavior Analysis - Dalam kesempatan kali ini akan memposting analisa perilaku biaya. Penjelasannya ini dibahas tentang perangai atau sifat perubahan yang dialami oleh sekelompok biaya. Jadi klasifikasi biaya berdasarkan perilaku biaya ini meliputi biaya tetap, serta biaya variabel dan biaya semi variabel.

Yang dimaksudkan biaya tetap adalah sekelompok biaya yang perubahannya tidak ditentukan oleh aktivitas produksi. Jadi total biaya tetap ini ditentukan berdasarkan kepada aktivitas kapasitas penuh sebagai satu paket. Jadi bisa dikatakan berapapun kegiatan produksi yang dijalankan maka besarnya biaya ini tetap tidak merubah. Jadi dengan kata lain kapasitas produksi selalu berkaitan secara erat dengan relevant range, dan juga perusahaan selalu bekerja dalam batasan relevant range tersebut.
 


Ilustrasi:
Sewa Gedung pada tingkat kapasitas penuh sebesar 2,000 unit sebesar Rp. 5,000,000

Yang dimaksudkan dengan biaya variabel adalah sekelompok biaya yang perubahannya sangat dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan produksi. Jadi biaya-biaya yang bersifat demikian mempunyai pengaruh yang sejajar dengan total produksi. Itu artinya semakin banyak total produksi maka akan semakin banyak pula total biaya variabelnya. Berikut contohnya : biaya bahan langsung dan biaya tenaga kerja langsung.

Kemudian biaya semi variable atau mixed cost atau biaya campuran adalah sejumlah biaya yang sampai jumlah tertentu adalah biaya tetap sedangkan selebihnya adalah biaya variabel. Sebagai contohnya: biaya pemeliharaan kendaraan ( biaya yang bersifat rutin seperti ganti ban, ganti oli atau overhaul adalah biaya tetap, sedangkan biaya yang terjadi karena musibah seperti tabrakan, penyok dst adalah biaya variabel. Jadi mixed cost ini dapat dipisahkan dengan high low method, scattergraph method dan least square method dijelaskan pada posting lain dalam Sistem Informasi Akuntansi ini. Demikian emoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment