Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Alokasi Biaya Gabungan-Metode Harga Pasar



Alokasi Biaya Gabungan-Metode Harga Pasar - Istilah Alokasi Biaya Gabungan-Metode Harga Pasar ini dalam bahasa asingnya adalah Joint Cost Allocation-Market Value Method. Memang selain mengetahui istilah Akuntansi dalam bahasa Indonesia, namun juga harus mengetahui istilahnya dalam bahasa asing, terutama dalam bahasa Inggris.

Jadi, produk gabungan yang membawa joint cost harus dialokasikan biayanya kepada masing-masing produk berdasarkan pada macam-macam alokasi. Serta dasar alokasi yang banyak digunakan adalah berdasarkan pada besarnya harga pasar masing-masing produk gabungan tersebut. Namun masalahnya harga pasar yang mana, misalnya, apakah harga pasar di titik pisah batas (split off point) atau harga pasar setelah titik pisah batas (after split off point) yang lebih dikenal sebagai harga pasar final. Jadi dengan demikian ada dua macam perhitungan alokasi biaya gabungan berdasarkan harga pasar ini yaitu :

Perhitungan alokasi biaya gabungan untuk produk yang dapat dijual pada titik pisah batas (split off point).

Perhitungan alokasi biaya gabungan untuk produk yang tidak dapat dijual pada titik pisah batas (split off point).

Demikian adalah sekilas mengenai Sistem Informasi Akuntansi, semoga bermanfaat.

Komentar