Akuntan Digolongkan Menjadi Berapa Bagian? | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Akuntan Digolongkan Menjadi Berapa Bagian?

Akuntan Digolongkan Menjadi Berapa Bagian?

Akuntan Digolongkan Menjadi Berapa Bagian? - Banyak orang berpendapat bahwa kuliah di akuntansi hanya berisi mengenai debit-kredit ataupun jurnal-menjurnal. Memang pada dasarnya “hal” itu memang inti dari kuliah di akuntansi, namun, pada kenyataannya tidak hanya “hal” tersebut saja yang dipelajari. Jadi kita bisa belajar auditing, statistika, perpajakan, ilmu-ilmu mengenai manajeman dan bisnis, serta ilmu lain yang menyangkut dunia perekonomian. Bahkan nyatanya dengan adanya perkembangan zamaan, jadi dunia akuntansi juga semakin dekat dengan bidang IT. Jadi, jangan anggap remeh akuntansi.



 
Lalu, kemudian mau jadi apa seorang lulusan akuntansi? Tentu akan menjadi seorang akuntan. Pada dasarnya akuntan dapat digolongkan menjadi 4, yaitu

1. Akuntan Publik, yakni akuntan independen yang memberikan jasa-jasanya atas dasar pembayaran tertentu. Jadi akuntan publik dapat memberikan jasa pemeriksaan (audit), jasa perpajakan (tax service), jasa konsultasi manajemen (management advisory services) dan jasa akuntansi (accounting services)

2. Akuntan Manajemen, yakni akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Tugas yang dikerjakan adalah penyusunan sistem akuntansi, serta penyusunan laporan akuntansi kepada pihak intern maupun ekstern perusahaan, penyusunan anggaran, juga menangani masalah perpajakan dan melakukan pemeriksaan intern.

3. Akuntan Pemerintah, yakni akuntan yang bekerja pada badan-badan pemerintah seperti di departemen, BPKP dan BPK, Direktorat Jenderal Pajak dan lain-lain.

4. Akuntan Pendidik, yakni akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi yaitu mengajar, serta menyusun kurikulum pendidikan akuntansi dan melakukan penelitian di bidang akuntansi.

Demikian adalah penjelasannya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment