Pengertian Akuntansi Pajak | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Pengertian Akuntansi Pajak

Pengertian Akuntansi Pajak

Pengertian Akuntansi Pajak - Sebagai suatu system informasi, maka akuntansi dibutuhkan oleh berbagai pihak baik pihak internal suatu organisasi tersebut maupun pihak eksternal, misalnya seperti manajer, untuk pemerintah masyarakat dan sebagainya. Maka karena itu akan dihasilkan suatu akuntansi pajak yang menjadi dasar untuk menghitung pajak yang terutang. Jadi perlu diingat disini, bahwa akuntansi pajak bukan merupakan “ buku kedua”. Sehingga dapat memahami akuntansi pajak, harus memahami terlebih dahulu proses akuntansi serta didukung kemampuan dalam memahami peraturan perpajakan.

Pengertian Akuntansi Pajak


Secara sederhana akuntansi pajak dapat didefinisikan sebagai : sistem akuntansi yang mengkalkulasi, menangani, mencatat, bahkan menganalisa dan membuat strategi perpajakan sehubungan dengan kejadian-kejadian ekonomi (transaksi) perusahaan. Akuntansi pajak adalah akuntansi yang berkaitan dengan perhitungan perpajakan dan mengacu pada peraturan dan perundang-undangan perpajakan beserta aturan pelaksanaannya. Fungsi akuntansi pajak adalah mengolah data kuantitatif yang akan digunakan untuk menyajikan laporan keuangan yang memuat perhitungan perpajakan. 

Akuntansi pajak berfungsi mengolah data kuantitatif untuk disajikan sebagai laporan perpajakan. Jadi pada dasarnya akuntansi pajak merupakan bahasan mengnenai peraturan perpajakan, baik itu mengenai PPh, PPn, dan pajak. Pajak daerah dikaitkan dengan akuntansi. Praktik akuntansi sangat erat kaitannya dengan praktik perpajakan. Tapi, standar maupun aturan yang menjadi acuan dari kedua bidang tersebut memiliki beberapa perbedaan penting, sehingga tidak jarang menimbulkan kebingungan bagi kalangan praktisi, perusahaan, maupun individu. Padahal berbagai produk yang dihasilkan sesuai dengan standar akuntansi menjadi masukan (input) dalam perhitungan pajak.

Demikian adalah penjelasan singkat mengerti akuntansi pajak sesuai dengan yang dijelaskan dalam Sistem Informasi Akuntansi. Semoga artikel tentang Pengertian Akuntansi Pajak ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment